Personal Profil

Foto saya
Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia

Perencanaan Supervisi Akademik

 

 

SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH/PENGAWAS SEKOLAH

 

Langkah Perencanaan Supervisi Akademik

Langkah Yang Diperlukan

Hal Yang Diperlukan

Unsur Yang Terlibat

Waktu Pelaksanaan

Tempat

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

Menentukan tujuan

 

 

 

 

 

Membuat jadwal

 

 

 

 

 

Menentukan pendekatan dan teknik

 

 

 

 

Memilih instrumen

 

 

 

 

 

 

Contoh Format Tujuan Kegiatan Supervisi Akademik dan Kriteria output

No.

Nama Guru

Tujuan Supervisi Akademik

Kriteria Output

1

Bu Resky *)

 

Peningkatan nilai Matematika, penggunaan metode dan pemilihan  media pembelajaran

 

PencapaIan KKM meningkat

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

            Cat;Contoh dari kasus *)

 

Contoh Format Jadwal Supervisi Akademik

No.

Nama Guru

Kelas

Hari/ Tanggal

Jam

ke

Fokus Supervisi

1

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

dst.

 

 

 

 

 

 

………......,.........……..…….……

Kepala Sekolah,

 

……………….................…………

 

 

 

 

 

INSTRUMEN PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                                               : SD .........................

Nama Guru                                         : ...............................

Kelas/Semester                                  : ...............................

Tema                                                   : ...............................

Subtema                                             : ...............................

Pembelajaran                                      : ...............................

Alokasi Waktu                                     : ...............................

                        Hari/Tanggal Supervisi Akademik      : …...........................

No.

Aspek Pengamatan

Kondisi

Deskripsi

Ada

Tidak Ada

A

Kegiatan Pendahuluan




1

Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran




2

Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari




3

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari




4

Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus




B

Kegiatan Inti




1

Guru menguasai materi yang diajarkan




a

Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran




b

Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan iptek dankehidupan nyata




c

Menyajikan materi dalam tema secara sistematis dan gradasi (dari mudah ke sulit; dari konkter ke abstrak)




2

Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik




a

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai




b

Melakukan pembelajaran secara urut




c

Menguasai kelas dengan baik




d

Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual




e

Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)




f

Melaksanakan pembelajaran degan alokasi waktu yang direncanakan




3

Guru menerapkan pendekatan saintifik




a

Menyajikan topik atau materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati




b

Memancing/memotivasi peserta didik untuk bertanya




c

Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi atau data




d

Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi atau data




e

Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk mengasosiasikan/mengolah informasi




f

Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk terampil mengomunikasikan hasil secara lisan maupun tertulis




4

Guru melaksanakan penilaian autentik




a

Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pembelajaran




b

Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktivitas individu/kelompok




c

Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap perilaku dan keterampilaan peserta didik




5

Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran




a

menunjukkan keterampilan dalam pemanfaatan sumber belajar




b

menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran




c

Menghasilkan media pembelajaran yang menarik




d

Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar




e

Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran




6

Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran




a

Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, dan sumber belajar




b

Merespons positif partisipasi peserta didik




c

Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik




d

Menunjukkan hubungan pribadi yang kondusif




e

Menunjukkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran




7

Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran




a

Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar




b

Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar




c

Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai




8

Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif




a

Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik




b

Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan lanjutan atau tugas




 

CATATAN:

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

 

 

TINDAK LANJUT:

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

...............................................................................................................................................

 

......................., ....................................

 

Guru Mata Pelajaran,                                     Kepala Sekolah,

 

 

 

....................................                                    ....................................

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Instrumen Telaah Administrasi Perangkat Pembelajaran

Nama Sekolah                       : …………………………

Nama Guru                            : …………………………

Kelas/Semester                      : ………………………...

Tahun Pelajaran                     : 20    /20

No.

Komponen Administrasi Pembelajaran

Kondisi

Skor

Keterangan Ketercapaian

Ada

Tidak

4

3

2

1

1

Program Tahunan

 

 

 

 

 

 

4 = sangat baik

3 = baik

2 = cukup

1 = kurang

 

Skor Maksimal 32

 

2

Program Semester

 

 

 

 

 

 

3

Silabus

 

 

 

 

 

 

4

RPP

 

 

 

 

 

 

5

Kalender Pendidikan

 

 

 

 

 

 

6

Jadwal Pelajaran

 

 

 

 

 

 

7

Daftar Nilai (Sikap, pengetahuan dan keterampilan )

 

 

 

 

 

 

8

KKM

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

 

 

 

 

 

 

 

 

Skor Perolehan

 

 

 

 

 

Nilai Akhir

 

 

 

 

 

Keterangan:

Nilai akhir  =

skor perolehan

x 100

skor Maksimal

 

Kriteria:

Amat baik (A) :    90 < A ≤ 100

Baik (B)               :    80 <B ≤ 90

Cukup (C)           :    70 < C ≤ 80

Kurang (K)           :    ≤ 70

                                                                                                .............,.....................

Guru yang disupervisi,                                                            Kepala Sekolah,                                                                     

 

.....................................                                                           ....................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CONTOH INSTRUMEN TELAAH RPP

 

 

Sekolah                       :  SD............................................

Kelas/Semester          :  .................................................

Tema /Mapel   :  .................................................

Subtema                     :  .................................................

Pembelajaran              :  .................................................

Alokasi Waktu             :  .................................................

 

NO

Komponen/Aspek

Hasil Telaah

Catatan

Tidak Ada/ Tidak Sesuai

(0)

Kurang Lengkap/ Kurang Sesuai

(1)

Lengkap/ Sesuai

(2)

A

Identitas RPP

 

 

 

 

1

Terdapat: nama satuan pendidikan Tema/sub tema/mapel, kelas/semester, Materi pokok, pembelajaran, dan alokasi waktu

 

 

 

 

B

Komponen Utama RPP

 

 

 

 

2

Minimal memuat 8 komponen utama dan lampiran pendukung RPP:

(a) KI; (b) KD dan IPK; (c) Tujuan Pembelajaran; (d) Materi Pembelajaran; (e) Metode Pembelajaran; (f) Media Pembelajaran dan Sumber Belajar; (g) Langkah-langkah Pembelajaran; (h) Penilaian Hasil Pembelajaran

 

 

 

 

C

Kelengkapan Komponen RPP

 

 

 

 

C1

Rumusan KI, KD, dan IPK

 

 

 

 

3

Mencakup KI-1, KI-2, KI-3, Dan KI-4 Sesuai Dengan Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar  Pelajaran Pada Kurikulum 2013  Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah

 

 

 

 

4

Kompetensi Dasar (KD) mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain mencakup pengetahuan dan keterampilan

 

 

 

 

5

Menjabarkan IPK berdasarkan KD dari KI-3, KD dari KI-4, KD dari KI-1 dan  KD dari KI-2 (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain KD dari KI-3 dan KD dari KI-4.

 

 

 

 

6

IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran.

 

 

 

 

7

IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif

 

 

 

 

8

IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau keterampilan konkret

 

 

 

 

C2

Rumusan Tujuan Pembelajaran

 

 

 

 

9

Mencerminkan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan

 

 

 

 

10

Memberikan gambaran proses pembelajaran

 

 

 

 

11

Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran

 

 

 

 

12

Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik

 

 

 

 

C3

Materi Pembelajaran

 

 

 

 

13

Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai sesuai dengan cakupan materi yang termuat pada IPK atau KD pengetahuan

 

 

 

 

14

Memuat materi yang bersifat faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif

 

 

 

 

15

Cakupan materi sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan

 

 

 

 

16

Mengakomodasi muatan lokal dapat berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dan lain-lain yang sesuai dengan cakupan materi pada KD pengetahuan

 

 

 

 

C4

Metode Pembelajaran

 

 

 

 

17

Menggunakan pendekatan ilmiah dan/atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.

 

 

 

 

18

Menerapkan pembelajaran aktif yang bermuara pada pengembangan HOTS

 

 

 

 

19

Menggambarkan sintaks/tahapan yang jelas (apabila menggunakan model pembelajaran tertentu)

 

 

 

 

20

Sesuai dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

 

21

Menggambarkan proses pencapaian kompetensi 

 

 

 

 

C5

Media Pembelajaran dan Sumber Belajar

 

 

 

 

22

Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah

 

 

 

 

23

Sesuai dengan karakterisitik peserta didik

 

 

 

 

24

Sumber belajar yang digunakan mencakup antara lain bahan cetak, elektronik, alam dan sumber belajar lainnya

 

 

 

 

25

Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip tekno-pedagogis/Techno-Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

 

 

 

 

C6

Langkah kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

26

Memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup

 

 

 

 

27

Kegiatan pendahuluan memuat:

pengkondisian  peserta didik, kegiatan religius, apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, kegiatan, dan penilaian yang akan dilakukan

 

 

 

 

28

Kegiatan Inti

a.   Bentuk kegiatan pembelajarannya berupa pembelajaran aktif  (active learning) dengan menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran dengan pendekatan ilmiah maupun pendekatan lain yang relevan.

 

 

 

 

b.   Sesuai dengan model dan/atau metode pembelajaran yang digunakan

 

 

 

 

c.   Menggambarkan proses pembelajaran yang menimbulkan interaksi multi-arah, antar peserta didik, interaksi peserta didik dengan guru, dan interaksi dengan bahan/alat/lingkungan belajar

 

 

 

 

d.   Menggambarkan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik

 

 

 

 

e.   Mengintegrasikan keterampilan hidup abad ke-21 (PPK, Literasi dan kompetensi )

 

 

 

 

29

Kegiatan penutup meliputi:

a.   Refleksi dan evaluasi terhadap seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung

 

 

 

 

b.   memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

 

 

 

 

 

c.   melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;

 

 

 

 

 

d.   menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

 

 

 

 

C7

Penilaian Hasil Belajar

 

 

 

 

30

Memuat rancangan penilaian

 

 

 

 

31

Memuat jenis/teKnik penilaian, bentuk penilaian, instrumen dan pedoman penskoran

 

 

 

 

32

Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP

 

 

 

 

33

Sesuai dengan kompetensi(IPK dan atau KD)

 

 

 

 

34

Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran

 

 

 

 

35

Sesuai materi pembelajaran

 

 

 

 

36

Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran (misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dan lain-lain)

 

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

 

 

SKOR

 

 

 

 

 

 

NILAI

 

 

 

 

Keterangan:

Nilai =

  Skor Perolehan

x 100

Skor Maksimal

 

 Skor Maksimal 43 x 2 =  86

 

Kriteria:

 

Amat baik (A) :     90 < A ≤ 100

Baik (B)        :       80 <B ≤ 90

Cukup (C)    :       70 < C ≤ 80

Kurang (K) :         ≤ 70

………………,……………......

Kepala sekolah,

 

 

 

 

……………...................................

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran

Sekolah                                               : SD .........................

Nama Guru                                         : ...............................

Kelas/Semester                                  : ...............................

Tema                                                   : ...............................

Subtema                                             : ...............................

Pembelajaran                                      : ...............................

Alokasi Waktu                                     : ...............................

                        Hari/Tanggal Supervisi Akademik      : …...........................

Petunjuk:

1.    Berikantandacek(√)padakolom pilihanYaatauTidaksesuaidenganpenilaianAnda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran.

2.    Berikan catatan  atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada kolom catatan.

3.    Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilaiYa  (1) dan Tidak (0).

4.    Tentukan Nilai menggunakan rumus yang telah disediakan.

No

Aspek Pengamatan

Hasil

Catatan

Ya

Tidak

A

Kegiatan Pendahuluan

 

 

 

1

Membangun sikap religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya

 

 

 

2

Membangun motivasi peserta didik untuk belajar

 

 

 

3

Memberikan apersepsi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik

 

 

 

 

4

Menyampaikan tujuan pembelajaran, dan kompetensi yang  harus dicapai oleh peserta didik

 

 

 

5

Menyampaikan langkah-langkah  kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai

 

 

 

B

Kegiatan Inti

 

 

 

B1

Penguasaan materi pembelajaran

 

 

 

6

Kemampuan menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran

 

 

 

7

Kemampuan mengkaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari.

 

 

 

8

Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar

 

 

 

9

Menyajikan materi secara sistematis (dari materi mudah ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrit ke abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai peserta didik.

 

 

 

B2

Implementasi pembelajaran

 

 

 

10

Melaksanakan pembelajaran mengikuti kerangka RPP.

 

-

 

11

Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat interaktif  yang mendorong munculnya interaksi multi-arah, yaitu antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar, serta peserta didik dengan lingkungan belajar sehingga memiliki kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik

 

 

 

12

Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berpikir C1-C6) untuk memunculkan kebiasaan positip peserta didik yaitu terbangunnya karakter dan berkembangnya Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau Keterampilan  Berpikir Tingkat Tinggi (KeBiTT) peserta didik.

 

 

 

13

Pembelajaran yang dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan lebih lanjut

 

 

 

14

Pembelajaran yang dilaksanakan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

 

 

 

15

Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berpikir dan bertindak sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

 

 

 

16

Pembelajaran yang dilaksanakan  menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi

 

 

 

17

Guru menerapkan teknik bertanya dengan tidak memunculkan jawaban serempak (chorus answer) dari peserta didik

 

 

 

18

Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik dengan pertanyaan pelacak (probing question) untuk mendorong kemampuan bernalar  (berpikir kritis, logis dan sistematis)

 

 

 

19

Guru mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencari tahu (inquisiveness)

 

 

 

B3

Pemanfaatan media dan sumber belajar

 

 

 

20

Mengakomodasi perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip Techno-Pedagogical Content Knowledge (TPACK)

 

 

 

21

Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran

 

 

 

22

Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar

 

 

 

23

Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media danpembelajaran

 

 

 

24

Media dan sumber belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesankan

 

 

 

B4

Interaksi dengan peserta didik

 

 

 

25

Guru menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar

 

 

 

26

Guru memberikan respon positif terhadap partisipasi peserta didik

 

 

 

27

Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran

 

 

 

B5

Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam pembelajaran

 

 

 

28

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan kontekstual 

 

 

 

29

Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami oleh peserta didik

 

 

 

C

Kegiatan Penutup

 

 

 

30

Membimbing siswaMembuat rangkuman dan/atau kesimpulan

 

 

 

31

Mengumpulkan hasil kerja peserta didik sebagai bahan portofolio

 

 

 

32

Melakukan refleksi pembelajaran  (kebermaknaan pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didik)

 

 

 

33

Memberikan tugas sebagai pendalaman materi baik berupa Tugas Terstruktur ataupun Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

 

 

 

34

Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya

 

 

 

 

JUMLAH

 

 

 

 

………………,…………………….     

                                                                             Kepala sekolah,

 

 

                                                                                                     ……………...................................

 

 

Keterangan:

Nilai =

skor perolehan

x 100

skor maksimal

 

Skor maksimal = 34

Kriteria:

Amat baik (A) :    90 < A ≤ 100

Baik (B)           :    80 <B ≤ 90

Cukup (C)       :    70 < C ≤ 80

Kurang (K)      :    ≤ 70

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Contoh Lembar Observasi Supervisi Penilaian Hasil Belajar

 

Sekolah                                               : SD .........................

Nama Guru                                         : ...............................

Kelas/Semester                                  : ...............................

                        Hari/Tanggal Supervisi Akademik      : …...........................

Petunjuk:

Berikut disajikan  aspek yang dapat Saudara amatiberkenaan denganpenilaianhasilpembelajaran.Berilahtanggapan sesuai dengan hasil pengamatan Saudara,dengan memberikan tanda cek (√)pada kolom pilihan!

Ketentuan (√) adalah sebagai berikut:

Ya        = 1 (dilaksanakan)

Tidak   = 0 (Tidak dilaksanakan)

No.

Aspek Yang Diamati

Ya

Tidak

Catatan

1

Menyusun KKM

 

 

 

2

Melaksanakan Penilaian( Buku Daftar Nilai)

 

 

 

3

Melakukan Tes *

 

a. Penilaian Harian

 

 

 

 

b. Penilaian Tengah Semester

 

 

 

 

c. Penilaian Akhir Semester

 

 

 

4

Melaksanakan Penilaian Sikap menggunakan Observasi dengan atau tanpa Penilaian Diri dan Penilaian Antar Peserta Didik

 

 

 

5

Menyusun Penilaian Pengetahuan

 

 

 

 

1) Tes Tulis

 

 

 

 

2) Tes Lisan

 

 

 

 

3) Penugasan

 

 

 

6

Melaksanakan Penilaian Keterampilan *

 

 

 

 

1) Unjuk kerja/praktik/kinerja

 

 

 

 

2) Proyek

 

 

 

 

3) Produk

 

 

 

 

4) Portofolio

 

 

 

7

Mengolah hasil penilaian untuk pelaporan

 

 

 

8

Analisis Penilaian Harian

 

 

 

9

Melaksanakan Remedial

 

 

 

10

Melaksanakan Pengayaan

 

 

 

11

Menyusun Kisi Kisi Soal

 

 

 

12

Melaksanakan Analisis Butir Soal

 

 

 

13

Bank Soal

 

 

 

Jumlah Skor

 

 

 

*)  diisi setiap sub item

Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................

............................................................................................................................................................................................................................................................................................

……………, ………............

Guru yang disupervisi,                                                            Kepala Sekolah,

 

 

 

……………………........                                                          ……………………........

Keterangan:

 

Nilai  =

jumlah skor perolehan

x 100

skor maksimal 

Skor maksimal = 20

Kriteria Penilaian:

 

Amat baik (A) :90 < A ≤ 100

Baik (B)           :  80 <B ≤ 90

Cukup (C)       : 70 < C ≤ 80

Kurang (K)      :  ≤ 70

 

 

 


 

Contoh Analisis Data Supervisi Akademik

Sekolah                                               : SD Anggrek

Nama Guru                                         : Hary, S.Pd.SD.

Kelas/Semester                                  : IV/ 2

Tema                                                   : 8. Daerah Tempat Tinggalku

Subtema                                             : 1. Limgkungan Tempat Tinggalku

Pembelajaran                                      : 2

Alokasi Waktu                                     : 6 X 35 menit (1 kali pertemuan)

                        Hari/Tanggal Supervisi Akademik      : Senin, 05 Juni  2017

No

Komponen Pengamatan Supervisi Akademik

Kelebihan

Kelemahan

Masalah Yang Ditemukan

Faktor Penyebab

Prioritas Perbaikan

1

RPP*

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

A.   Pendahuluan

 

 

 

 

 

 

B.  Kegiatan Inti

 

 

 

 

 

 

Penguasaan materi pelajaran

 

 

 

 

 

 

Implementasi Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Interaksi dengan peserta didik

 

 

 

 

 

 

Penggunaan Bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

C.   Kegiatan Penutup

 

 

 

 

 

3.

Penilaian**

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

*)  dari LK 6

**)dari LK 8

 

............................, .............................

Guru yang disupervisi ,                                               Kepala Sekolah

 

 

..................................                                                  ........................................

 

 


 

Contoh Format Rekapitulasi Hasil Pemberian Umpan Balik

Nama Sekolah                        : SD …………………………………………

Hari/Tanggal                : ………………………………………………

 

No.

Nama  Guru

Guru Kelas/ Mapel

Keber

hasilan

Hal-Hal Yang Harus Diperbaiki*

Rekomendasi 

1

2

3

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*) 1. RPP                                            

   2. Pelaksanaan Pembelajaran                                                        

   3. Penilaian Pembelajaran                                                   .................., ...............................

Kepala Sekolah,

 

                                                                                     ................................

 


 

Menyusun  Rencana Tindak Lanjut  Supervisi Akademik

Contoh  Format Rencana  Tindak Lanjut Supervisi Akademik

Nama Sekolah                        : SD …………………………

No

Nama Guru

Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik*)

Bentuk Tindak Lanjut

Waktu/ Tempat

1

2

3

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dst

 

 

 

 

 

 

 

*) 1. RPP                                            

   2. Pelaksanaan Pembelajaran                                                        

   3. Penilaian Pembelajaran                                                   .................., ...............................

Kepala Sekolah,

 

                                                             ................................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik

1.   Identitas

 

2.   Pendahuluan

 

 

 

 

3.   Kerangka pemikiran untuk Pemecahan Masalah

 

 

 

 

 

4.   Metode dan Pendekatan Supervisi

 

5.   Hasil Pelaksanaan Program Supervisi

 

 

 

6.   Penutup

 

7.   Lampiran

Sebagai pelengkap bukti, Saudaradimintamelampirkanbukti pelaksanaanseluruh proses siklus supervisi akademik misalnya data guru yang disupervisi, hasil analisis, foto dan atau video.

 

 

****** Selamat Bekerja*****NUHUNG******Pengawas Pembina****

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar,beri penilaian,like dan scrubcribe

Umum

Masjid 99 Kuba Kebanggaan Sulsel

Masjid 99 Kuba            

Tupoksi Kepala Sekolah