SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH/PENGAWAS SEKOLAH
Langkah Perencanaan Supervisi Akademik
Langkah Yang Diperlukan |
Hal Yang Diperlukan |
Unsur Yang Terlibat |
Waktu Pelaksanaan |
Tempat |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
Menentukan tujuan |
|
|
|
|
Membuat jadwal |
|
|
|
|
Menentukan pendekatan dan teknik |
|
|
|
|
Memilih instrumen |
|
|
|
|
Contoh Format Tujuan Kegiatan Supervisi Akademik dan Kriteria output
No. |
Nama Guru |
Tujuan Supervisi Akademik |
Kriteria Output |
1 |
Bu Resky *) |
Peningkatan nilai Matematika, penggunaan metode dan pemilihan media pembelajaran
|
PencapaIan KKM meningkat |
2 |
|
|
|
3 |
|
|
|
dst |
|
|
|
Cat;Contoh dari kasus *)
Contoh Format Jadwal Supervisi Akademik
No. |
Nama Guru |
Kelas |
Hari/ Tanggal |
Jam ke |
Fokus Supervisi |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
dst. |
|
|
|
|
|
………......,.........……..…….……
Kepala Sekolah,
……………….................…………
INSTRUMEN PENGAMATAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SD .........................
Nama Guru : ...............................
Kelas/Semester : ...............................
Tema : ...............................
Subtema : ...............................
Pembelajaran : ...............................
Alokasi Waktu : ...............................
Hari/Tanggal Supervisi Akademik : …...........................
No. |
Aspek Pengamatan |
Kondisi |
Deskripsi |
|
Ada |
Tidak Ada |
|||
A |
Kegiatan Pendahuluan |
|||
1 |
Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran |
|||
2 |
Memberi motivasi belajar peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari |
|||
3 |
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari |
|||
4 |
Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus |
|||
B |
Kegiatan Inti |
|||
1 |
Guru menguasai materi yang diajarkan |
|||
a |
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran |
|||
b |
Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang diintegrasikan secara relevan dengan perkembangan iptek dankehidupan nyata |
|||
c |
Menyajikan materi dalam tema secara sistematis dan gradasi (dari mudah ke sulit; dari konkter ke abstrak) |
|||
2 |
Guru menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik |
|||
a |
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai |
|||
b |
Melakukan pembelajaran secara urut |
|||
c |
Menguasai kelas dengan baik |
|||
d |
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual |
|||
e |
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect) |
|||
f |
Melaksanakan pembelajaran degan alokasi waktu yang direncanakan |
|||
3 |
Guru menerapkan pendekatan saintifik |
|||
a |
Menyajikan topik atau materi yang mendorong peserta didik melakukan kegiatan mengamati |
|||
b |
Memancing/memotivasi peserta didik untuk bertanya |
|||
c |
Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi atau data |
|||
d |
Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi atau data |
|||
e |
Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk mengasosiasikan/mengolah informasi |
|||
f |
Menyajikan kegiatan yang mendorong peserta didik untuk terampil mengomunikasikan hasil secara lisan maupun tertulis |
|||
4 |
Guru melaksanakan penilaian autentik |
|||
a |
Mengamati sikap dan perilaku peserta didik dalam mengikuti pembelajaran |
|||
b |
Melakukan penilaian keterampilan peserta didik dalam melakukan aktivitas individu/kelompok |
|||
c |
Mendokumentasikan hasil pengamatan sikap perilaku dan keterampilaan peserta didik |
|||
5 |
Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran |
|||
a |
menunjukkan keterampilan dalam pemanfaatan sumber belajar |
|||
b |
menunjukkan keterampilan dalam penggunaan media pembelajaran |
|||
c |
Menghasilkan media pembelajaran yang menarik |
|||
d |
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan sumber belajar |
|||
e |
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran |
|||
6 |
Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran |
|||
a |
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, dan sumber belajar |
|||
b |
Merespons positif partisipasi peserta didik |
|||
c |
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik |
|||
d |
Menunjukkan hubungan pribadi yang kondusif |
|||
e |
Menunjukkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran |
|||
7 |
Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran |
|||
a |
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar |
|||
b |
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar |
|||
c |
Menyampaikan pesan dan gaya yang sesuai |
|||
8 |
Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif |
|||
a |
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan peserta didik |
|||
b |
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan kegiatan lanjutan atau tugas |
CATATAN:
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
TINDAK LANJUT:
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
......................., ....................................
Guru Mata Pelajaran, Kepala Sekolah,
.................................... ....................................
Contoh Instrumen Telaah Administrasi Perangkat Pembelajaran
Nama Sekolah : …………………………
Nama Guru : …………………………
Kelas/Semester : ………………………...
Tahun Pelajaran : 20 /20
No. |
Komponen Administrasi Pembelajaran |
Kondisi |
Skor |
Keterangan Ketercapaian |
||||
Ada |
Tidak |
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
1 |
Program Tahunan |
|
|
|
|
|
|
4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang
Skor Maksimal 32
|
2 |
Program Semester |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Silabus |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
RPP |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Kalender Pendidikan |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Jadwal Pelajaran |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Daftar Nilai (Sikap, pengetahuan dan keterampilan ) |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
KKM |
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor Perolehan |
|
|
|
|
|||
|
Nilai Akhir |
|
|
|
|
Keterangan:
Nilai akhir = |
skor perolehan |
x 100 |
skor Maksimal |
Kriteria:
Amat baik (A) : 90 < A ≤ 100
Baik (B) : 80 <B ≤ 90
Cukup (C) : 70 < C ≤ 80
Kurang (K) : ≤ 70
.............,.....................
Guru yang disupervisi, Kepala Sekolah,
..................................... ....................................
CONTOH INSTRUMEN TELAAH RPP
Sekolah : SD............................................
Kelas/Semester : .................................................
Tema /Mapel : .................................................
Subtema : .................................................
Pembelajaran : .................................................
Alokasi Waktu : .................................................
NO |
Komponen/Aspek |
Hasil Telaah |
Catatan |
||
Tidak Ada/ Tidak Sesuai (0) |
Kurang Lengkap/ Kurang Sesuai (1) |
Lengkap/ Sesuai (2) |
|||
A |
Identitas RPP |
|
|
|
|
1 |
Terdapat: nama satuan pendidikan Tema/sub tema/mapel, kelas/semester, Materi pokok, pembelajaran, dan alokasi waktu |
|
|
|
|
B |
Komponen Utama RPP |
|
|
|
|
2 |
Minimal memuat 8 komponen utama dan lampiran pendukung RPP: (a) KI; (b) KD dan IPK; (c) Tujuan Pembelajaran; (d) Materi Pembelajaran; (e) Metode Pembelajaran; (f) Media Pembelajaran dan Sumber Belajar; (g) Langkah-langkah Pembelajaran; (h) Penilaian Hasil Pembelajaran |
|
|
|
|
C |
Kelengkapan Komponen RPP |
|
|
|
|
C1 |
Rumusan KI, KD, dan IPK |
|
|
|
|
3 |
Mencakup KI-1, KI-2, KI-3, Dan KI-4 Sesuai Dengan Permendikbud No 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah |
|
|
|
|
4 |
Kompetensi Dasar (KD) mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain mencakup pengetahuan dan keterampilan |
|
|
|
|
5 |
Menjabarkan IPK berdasarkan KD dari KI-3, KD dari KI-4, KD dari KI-1 dan KD dari KI-2 (khusus PPKn dan PABP) sedangkan mata pelajaran lain KD dari KI-3 dan KD dari KI-4. |
|
|
|
|
6 |
IPK disusun menggunakan kata kerja opresional yang dapat diukur/dilakukan penilaian sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. |
|
|
|
|
7 |
IPK dari KD pengetahuan menggambarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan meliputi faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif |
|
|
|
|
8 |
IPK dari KD keterampilan memuat keterampilan abstrak dan/atau keterampilan konkret |
|
|
|
|
C2 |
Rumusan Tujuan Pembelajaran |
|
|
|
|
9 |
Mencerminkan pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan |
|
|
|
|
10 |
Memberikan gambaran proses pembelajaran |
|
|
|
|
11 |
Memberikan gambaran pencapaian hasil pembelajaran |
|
|
|
|
12 |
Dituangkan dalam bentuk deskripsi, memuat kompetensi yang hendak dicapai oleh peserta didik |
|
|
|
|
C3 |
Materi Pembelajaran |
|
|
|
|
13 |
Ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai sesuai dengan cakupan materi yang termuat pada IPK atau KD pengetahuan |
|
|
|
|
14 |
Memuat materi yang bersifat faktual, konseptual, prosedural, dan/atau metakognitif |
|
|
|
|
15 |
Cakupan materi sesuai dengan alokasi waktu yang ditetapkan |
|
|
|
|
16 |
Mengakomodasi muatan lokal dapat berupa keunggulan lokal, kearifan lokal, kekinian dan lain-lain yang sesuai dengan cakupan materi pada KD pengetahuan |
|
|
|
|
C4 |
Metode Pembelajaran |
|
|
|
|
17 |
Menggunakan pendekatan ilmiah dan/atau pendekatan lain yang relevan dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. |
|
|
|
|
18 |
Menerapkan pembelajaran aktif yang bermuara pada pengembangan HOTS |
|
|
|
|
19 |
Menggambarkan sintaks/tahapan yang jelas (apabila menggunakan model pembelajaran tertentu) |
|
|
|
|
20 |
Sesuai dengan tujuan pembelajaran |
|
|
|
|
21 |
Menggambarkan proses pencapaian kompetensi |
|
|
|
|
C5 |
Media Pembelajaran dan Sumber Belajar |
|
|
|
|
22 |
Mendukung pencapaian kompetensi dan pembelajaran aktif dengan pendekatan ilmiah |
|
|
|
|
23 |
Sesuai dengan karakterisitik peserta didik |
|
|
|
|
24 |
Sumber belajar yang digunakan mencakup antara lain bahan cetak, elektronik, alam dan sumber belajar lainnya |
|
|
|
|
25 |
Memanfaatan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip tekno-pedagogis/Techno-Pedagogical Content Knowledge (TPACK) |
|
|
|
|
C6 |
Langkah kegiatan pembelajaran |
|
|
|
|
26 |
Memuat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup |
|
|
|
|
27 |
Kegiatan pendahuluan memuat: pengkondisian peserta didik, kegiatan religius, apersepsi, penyampaian tujuan pembelajaran, kegiatan, dan penilaian yang akan dilakukan |
|
|
|
|
28 |
Kegiatan Inti a. Bentuk kegiatan pembelajarannya berupa pembelajaran aktif (active learning) dengan menggunakan berbagai model dan/atau metode pembelajaran dengan pendekatan ilmiah maupun pendekatan lain yang relevan. |
|
|
|
|
b. Sesuai dengan model dan/atau metode pembelajaran yang digunakan |
|
|
|
|
|
c. Menggambarkan proses pembelajaran yang menimbulkan interaksi multi-arah, antar peserta didik, interaksi peserta didik dengan guru, dan interaksi dengan bahan/alat/lingkungan belajar |
|
|
|
|
|
d. Menggambarkan proses pembelajaran yang menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik |
|
|
|
|
|
e. Mengintegrasikan keterampilan hidup abad ke-21 (PPK, Literasi dan kompetensi ) |
|
|
|
|
|
29 |
Kegiatan penutup meliputi: a. Refleksi dan evaluasi terhadap seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung |
|
|
|
|
b. memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
c. melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok; |
|
|
|
|
|
d. menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya |
|
|
|
|
C7 |
Penilaian Hasil Belajar |
|
|
|
|
30 |
Memuat rancangan penilaian |
|
|
|
|
31 |
Memuat jenis/teKnik penilaian, bentuk penilaian, instrumen dan pedoman penskoran |
|
|
|
|
32 |
Mencakup penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap khusus pada mata pelajaran PPKN dan PABP |
|
|
|
|
33 |
Sesuai dengan kompetensi(IPK dan atau KD) |
|
|
|
|
34 |
Sesuai dengan kegiatan yang dilakukan dalam pembelajaran |
|
|
|
|
35 |
Sesuai materi pembelajaran |
|
|
|
|
36 |
Memuat soal HOTS dan soal-soal keterampilan khusus mata pelajaran (misalnya Agama, Seni Budaya, Bahasa, dan lain-lain) |
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
SKOR |
|
|
|
|
|
NILAI |
|
|
Keterangan:
Nilai = |
Skor Perolehan |
x 100 |
Skor Maksimal |
Skor Maksimal 43 x 2 = 86
Kriteria:
Amat baik (A) : 90 < A ≤ 100
Baik (B) : 80 <B ≤ 90
Cukup (C) : 70 < C ≤ 80
Kurang (K) : ≤ 70
………………,……………......
Kepala sekolah,
……………...................................
Contoh Instrumen Pengamatan Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SD .........................
Nama Guru : ...............................
Kelas/Semester : ...............................
Tema : ...............................
Subtema : ...............................
Pembelajaran : ...............................
Alokasi Waktu : ...............................
Hari/Tanggal Supervisi Akademik : …...........................
Petunjuk:
1. Berikantandacek(√)padakolom pilihanYaatauTidaksesuaidenganpenilaianAnda terhadap penyajian guru pada saat pelaksanaan pembelajaran.
2. Berikan catatan atau saran perbaikan pelaksanaan pembelajaran pada kolom catatan.
3. Setelah selesai penilaian, hitung jumlah nilaiYa (1) dan Tidak (0).
4. Tentukan Nilai menggunakan rumus yang telah disediakan.
No |
Aspek Pengamatan |
Hasil |
Catatan |
|
Ya |
Tidak |
|||
A |
Kegiatan Pendahuluan |
|
|
|
1 |
Membangun sikap religius sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya |
|
|
|
2 |
Membangun motivasi peserta didik untuk belajar |
|
|
|
3 |
Memberikan apersepsi dengan cara menghubungkan materi pembelajaran dengan pengalaman peserta didik |
|
|
|
4 |
Menyampaikan tujuan pembelajaran, dan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik |
|
|
|
5 |
Menyampaikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran dan kompetensi yang akan dinilai |
|
|
|
B |
Kegiatan Inti |
|
|
|
B1 |
Penguasaan materi pembelajaran |
|
|
|
6 |
Kemampuan menyesuaikan materi pembelajaran dengan tujuan pembelajaran |
|
|
|
7 |
Kemampuan mengkaitkan materi pembelajaran dengan pengetahuan lain yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. |
|
|
|
8 |
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat dan lengkap sesuai dengan konsep yang benar |
|
|
|
9 |
Menyajikan materi secara sistematis (dari materi mudah ke yang sulit, dari materi sederhana ke yang kompleks, dari materi konkrit ke abstrak atau sebaliknya) sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai peserta didik. |
|
|
|
B2 |
Implementasi pembelajaran |
|
|
|
10 |
Melaksanakan pembelajaran mengikuti kerangka RPP. |
|
- |
|
11 |
Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat interaktif yang mendorong munculnya interaksi multi-arah, yaitu antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar, serta peserta didik dengan lingkungan belajar sehingga memiliki kemampuan komunikatif dan kerjasama yang baik |
|
|
|
12 |
Pembelajaran yang dilaksanakan bersifat inspiratif dan multifaset (variasi proses berpikir C1-C6) untuk memunculkan kebiasaan positip peserta didik yaitu terbangunnya karakter dan berkembangnya Higher Order Thinking Skills (HOTs) atau Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (KeBiTT) peserta didik. |
|
|
|
13 |
Pembelajaran yang dilaksanakan menarik, menyenangkan, dan membelajarkan lebih lanjut |
|
|
|
14 |
Pembelajaran yang dilaksanakan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. |
|
|
|
15 |
Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan kemandirian berpikir dan bertindak sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. |
|
|
|
16 |
Pembelajaran yang dilaksanakan menumbuhkan dan memperkuat budaya literasi |
|
|
|
17 |
Guru menerapkan teknik bertanya dengan tidak memunculkan jawaban serempak (chorus answer) dari peserta didik |
|
|
|
18 |
Guru memberikan pertanyaan kepada peserta didik dengan pertanyaan pelacak (probing question) untuk mendorong kemampuan bernalar (berpikir kritis, logis dan sistematis) |
|
|
|
19 |
Guru mendorong peserta didik untuk mengembangkan keterampilan bertanya untuk membangun kebiasaan mencari tahu (inquisiveness) |
|
|
|
B3 |
Pemanfaatan media dan sumber belajar |
|
|
|
20 |
Mengakomodasi perkembangan teknologi pembelajaran sesuai dengan konsep dan prinsip Techno-Pedagogical Content Knowledge (TPACK) |
|
|
|
21 |
Menunjukkan keterampilan dalam menggunakan media pembelajaran |
|
|
|
22 |
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar |
|
|
|
23 |
Melibatkan peserta didik dalam pemanfaatan media danpembelajaran |
|
|
|
24 |
Media dan sumber belajar yang digunakan mampu menghasilkan pesan yang menarik dan mengesankan |
|
|
|
B4 |
Interaksi dengan peserta didik |
|
|
|
25 |
Guru menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, peserta didik dengan media dan sumber belajar |
|
|
|
26 |
Guru memberikan respon positif terhadap partisipasi peserta didik |
|
|
|
27 |
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran |
|
|
|
B5 |
Penggunaan Bahasa yang Benar dan Tepat dalam pembelajaran |
|
|
|
28 |
Menggunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan kontekstual |
|
|
|
29 |
Menggunakan pilihan kata yang mudah dipahami oleh peserta didik |
|
|
|
C |
Kegiatan Penutup |
|
|
|
30 |
Membimbing siswaMembuat rangkuman dan/atau kesimpulan |
|
|
|
31 |
Mengumpulkan hasil kerja peserta didik sebagai bahan portofolio |
|
|
|
32 |
Melakukan refleksi pembelajaran (kebermaknaan pembelajaran untuk perkembangan pribadi peserta didik) |
|
|
|
33 |
Memberikan tugas sebagai pendalaman materi baik berupa Tugas Terstruktur ataupun Tugas Mandiri Tidak Terstruktur |
|
|
|
34 |
Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya |
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
………………,…………………….
Kepala sekolah,
……………...................................
Keterangan:
Nilai = |
skor perolehan |
x 100 |
skor maksimal |
Skor maksimal = 34
Kriteria:
Amat baik (A) : 90 < A ≤ 100
Baik (B) : 80 <B ≤ 90
Cukup (C) : 70 < C ≤ 80
Kurang (K) : ≤ 70
Contoh Lembar Observasi Supervisi Penilaian Hasil Belajar
Sekolah : SD .........................
Nama Guru : ...............................
Kelas/Semester : ...............................
Hari/Tanggal Supervisi Akademik : …...........................
Petunjuk:
Berikut disajikan aspek yang dapat Saudara amatiberkenaan denganpenilaianhasilpembelajaran.Berilahtanggapan sesuai dengan hasil pengamatan Saudara,dengan memberikan tanda cek (√)pada kolom pilihan!
Ketentuan (√) adalah sebagai berikut:
Ya = 1 (dilaksanakan)
Tidak = 0 (Tidak dilaksanakan)
No. |
Aspek Yang Diamati |
Ya |
Tidak |
Catatan |
1 |
Menyusun KKM |
|
|
|
2 |
Melaksanakan Penilaian( Buku Daftar Nilai) |
|
|
|
3 |
Melakukan Tes * |
|||
|
a. Penilaian Harian |
|
|
|
|
b. Penilaian Tengah Semester |
|
|
|
|
c. Penilaian Akhir Semester |
|
|
|
4 |
Melaksanakan Penilaian Sikap menggunakan Observasi dengan atau tanpa Penilaian Diri dan Penilaian Antar Peserta Didik |
|
|
|
5 |
Menyusun Penilaian Pengetahuan |
|
|
|
|
1) Tes Tulis |
|
|
|
|
2) Tes Lisan |
|
|
|
|
3) Penugasan |
|
|
|
6 |
Melaksanakan Penilaian Keterampilan * |
|
|
|
|
1) Unjuk kerja/praktik/kinerja |
|
|
|
|
2) Proyek |
|
|
|
|
3) Produk |
|
|
|
|
4) Portofolio |
|
|
|
7 |
Mengolah hasil penilaian untuk pelaporan |
|
|
|
8 |
Analisis Penilaian Harian |
|
|
|
9 |
Melaksanakan Remedial |
|
|
|
10 |
Melaksanakan Pengayaan |
|
|
|
11 |
Menyusun Kisi Kisi Soal |
|
|
|
12 |
Melaksanakan Analisis Butir Soal |
|
|
|
13 |
Bank Soal |
|
|
|
Jumlah Skor |
|
|
|
*) diisi setiap sub item
Catatan : ............................................................................................................................................................................................................................................................................................
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
……………, ………............
Guru yang disupervisi, Kepala Sekolah,
……………………........ ……………………........
Keterangan:
Nilai = |
jumlah skor perolehan |
x 100 |
skor maksimal |
Skor maksimal = 20
Kriteria Penilaian:
Amat baik (A) :90 < A ≤ 100
Baik (B) : 80 <B ≤ 90
Cukup (C) : 70 < C ≤ 80
Kurang (K) : ≤ 70
Contoh Analisis Data Supervisi Akademik
Sekolah : SD Anggrek
Nama Guru : Hary, S.Pd.SD.
Kelas/Semester : IV/ 2
Tema : 8. Daerah Tempat Tinggalku
Subtema : 1. Limgkungan Tempat Tinggalku
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 6 X 35 menit (1 kali pertemuan)
Hari/Tanggal Supervisi Akademik : Senin, 05 Juni 2017
No |
Komponen Pengamatan Supervisi Akademik |
Kelebihan |
Kelemahan |
Masalah Yang Ditemukan |
Faktor Penyebab |
Prioritas Perbaikan |
1 |
RPP* |
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan Pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
A. Pendahuluan |
|
|
|
|
|
|
B. Kegiatan Inti |
|
|
|
|
|
|
Penguasaan materi pelajaran |
|
|
|
|
|
|
Implementasi Pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
Interaksi dengan peserta didik |
|
|
|
|
|
|
Penggunaan Bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
C. Kegiatan Penutup |
|
|
|
|
|
3. |
Penilaian** |
|
|
|
|
|
Keterangan:
*) dari LK 6
**)dari LK 8
............................, .............................
Guru yang disupervisi , Kepala Sekolah
.................................. ........................................
Contoh Format Rekapitulasi Hasil Pemberian Umpan Balik
Nama Sekolah : SD …………………………………………
Hari/Tanggal : ………………………………………………
No. |
Nama Guru |
Guru Kelas/ Mapel |
Keber hasilan |
Hal-Hal Yang Harus Diperbaiki* |
Rekomendasi |
||
1 |
2 |
3 |
|
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
|
*) 1. RPP
2. Pelaksanaan Pembelajaran
3. Penilaian Pembelajaran .................., ...............................
Kepala Sekolah,
................................
Menyusun Rencana Tindak Lanjut Supervisi Akademik
Contoh Format Rencana Tindak Lanjut Supervisi Akademik
Nama Sekolah : SD …………………………
No |
Nama Guru |
Hasil Pelaksanaan Supervisi Akademik*) |
Bentuk Tindak Lanjut |
Waktu/ Tempat |
||
1 |
2 |
3 |
||||
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
Dst |
|
|
|
|
|
|
*) 1. RPP
2. Pelaksanaan Pembelajaran
3. Penilaian Pembelajaran .................., ...............................
Kepala Sekolah,
................................
Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik
1. Identitas
2. Pendahuluan
3. Kerangka pemikiran untuk Pemecahan Masalah
4. Metode dan Pendekatan Supervisi
5. Hasil Pelaksanaan Program Supervisi
6. Penutup
7. Lampiran
Sebagai pelengkap bukti, Saudaradimintamelampirkanbukti pelaksanaanseluruh proses siklus supervisi akademik misalnya data guru yang disupervisi, hasil analisis, foto dan atau video.
****** Selamat Bekerja*****NUHUNG******Pengawas Pembina****
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tambahkan Komentar,beri penilaian,like dan scrubcribe