Personal Profil

Foto saya
Bone, Sulawesi Selatan, Indonesia

CARA BLOGGER MENDAPATKAN UANG DARI BLOG


Home  ›  Blogger  ›  Blogging

Cara Menjadi Blogger Dengan Mudah

Cara menjadi blogger yang kami jelaskan berikut ini bisa anda ikuti dengan mudah bahkan buat seorang pemula sekalipun.

Blogger adalah profesi yang menjadi pilihan buat sebagian orang, tidak sedikit orang yang bisa hidup dengan berkecukupan hanya dari hasil ngeblog atau mengelola blog, atau yang populer dengan sebutan blogger. Secara sederhana, seorang blogger adalah orang yang mengelola blog untuk tujuan tertentu. 

Masing - masing blogger, ketika membuat blog mempunyai tujuan berbeda, ada yang menggunakan blog sebagai sarana menulis dan memberikan informasi buat pembacanya. Ada juga blogger yang memanfaatkan blog untuk tujuan komersial, atau untuk mencari penghasilan. Lalu bagaimanakah cara menjadi seorang blogger?

Cara menjadi blogger itu mudah dan bisa dipelajari oleh siapapun. Berikut ini ada beberapa pengetahuan yang harus dimiliki oleh seseorang untuk menjadi seorang blogger sukses :

1. Email

Kenapa untuk menjadi blogger harus memiliki email?  Untuk memiliki blog ada proses tertentu yang harus dilalui yaitu registrasi atau pendaftaran akun, di sini kita disyaratkan harus memiliki email yang valid. Untuk memiliki alamat email caranya mudah, anda bisa membuat email di Google ( Gmail ) secara gratis. Email ini harus dimiliki, baik dalam hal kita membuat blog di blogger / blogspot maupun jika kita membuat blog di wordpress dengan domain pribadi.

2. Domain dan hosting

Domain adalah alamat unik yang mewakili blog anda, sedangkan hosting adalah tempat dimana file - file blog anda disimpan.

Domain dan hosting menjadi pertimbangan jika kita ingin membuat blog dengan hosting sendiri ( self hosted ). Memiliki blog dengan nama domain sendiri memang akan terlihat lebih profesional. Jika anda ingin menjadi blogger profesional maka sebaiknya memiliki domain dan hosting sendiri. Paling tidak, anda bisa membuat blog gratisan dengan blogspot namun dengan custom domain pribadi .

3. Membuat blog

Pembahasan tentang cara menjadi blogger tidak bisa lepas dari blog, karena seorang blogger tentu harus memiliki blog. Untuk membuat blog caranya mudah sekali, kita bisa membuat blog dengan blogger / blogspot, atau juga bisa membuat blog di wordpress.

4. Membuat artikel

Untuk menjadi seorang blogger kita harus akrab dengan dunia blogging terutama dalam membuat artikel. Tentunya kita harus rutin mengupdate blog kita dengan artikel - artikel baru yang menarik dan bermanfaat untuk pembaca, sehingga tingkat kunjungan blog akan semakin tinggi. Jika kita memiliki hobi menulis, tentu  ini adalah pekerjaan yang menyenangkan. Hobi menulis akan tersalurkan dengan menjadi blogger.

5. SEO

Tidak cukup hanya dengan menulis artikel, tentunya kita ingin mendapatkan banyak pengunjung, kita perlu mengoptimalkan posisi artikel kita di mesin pencari sehingga bisa ditemukan banyak orang. Langkah ini disebut dengan Search Engine Optimization ( SEO ). Hal ini penting sekali jika kita membuat blog untuk tujuan komersial karena kita harus memiliki banyak pengunjung yang tertarget. Untuk itu mulai sekarang anda perlu belajar SEO

cara menjadi blogger

Selain sebagai media untuk menyebarkan informasi, blog terbukti efektif sebagai sarana promosi untuk mendapatkan penjualan atau penghasilan ( monetisasi blog ). Berikut ini adalah cara menjadi blogger yang berpenghasilan dari blog :

1. Mengikuti program affiliasi

Anda tidak akan rugi menjadi blogger jika mengikuti program affiliasi ini karena akan mendapatkan uang. Dengan mengikuti program ini, kita bisa menjalankan bisnis online tanpa harus memiliki produk sendiri. Intinya kita memasarkan produk orang lain dengan komisi penjualan berdasarkan prosentase yang telah ditetapkan.Sistem akan melakukan tracking, jika pembeli berasal dari link affiliasi kita, maka itu akan dihitung sebagai penjualan kita. Kita bisa mencari situs - situs penyedia program affiliasi di internet dengan searching di Google.

2. Menjadi publiser iklan Google ( Adsense )

Bisa dibilang ini adalah bisnis online yang paling tua. Di sini kita akan menjadi blogger penerbit iklan Google  pada blog yang kita miliki. Untuk mengikuti program ini, kita harus memiliki akun adsense. Untuk mendapatkan akun adsense, kita bisa mendaftarkan blog kita jika sudah memiliki artikel yang cukup, lebih bagus lagi jika blog sudah memiliki banyak pengunjung. Lalu bagaimana kita mendapatkan uang dari program ini?  Kita akan mendapatkan uang dari setiap klik pada iklan Google yang dilakukan oleh pengunjung blog.

3. Menjual produk sendiri

Untuk program yang satu ini, memang kita harus memiliki produk sendiri. Jika kita fokus untuk penjualan online, kita bisa membuat blog dengan topik yang relevan dengan produk kita. Sehingga pengunjung blog akan lebih tertarget. Dengan begitu, ketika kita merekomendasikan produk kita, akan lebih mudah menciptakan penjualan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tambahkan Komentar,beri penilaian,like dan scrubcribe

Umum

Masjid 99 Kuba Kebanggaan Sulsel

Masjid 99 Kuba            

Tupoksi Kepala Sekolah